Agus Andrianto Dorong Kemenimipas Jadi Garda Terdepan Reformasi Layanan Publik

- Pewarta

Senin, 8 September 2025 - 13:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta | BAPERS.ID – Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan (Kemenimipas) terus menunjukkan kinerja optimal di bawah kepemimpinan Menteri Komjen Pol (Purn) Agus Andrianto. Sejak resmi berdiri sebagai

kementerian hasil pemecahan dari Kemenkumham, Kemenimipas fokus memperkuat layanan publik di bidang keimigrasian dan pemasyarakatan melalui berbagai inovasi.

Menteri Agus dikenal sebagai sosok yang tegas, tidak banyak bicara namun banyak bekerja. Berbagai terobosan diluncurkan, mulai dari program kesejahteraan warga binaan, pembenahan fasilitas lapas, peningkatan pendapatan keimigrasian, hingga program ketahanan pangan berbasis pemberdayaan napi di seluruh Indonesia.

Kemenimipas juga menggandeng Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) untuk menyediakan 6.000 unit rumah terjangkau bagi pegawai yang belum memiliki hunian. Program ini sejalan dengan Program Hasil Terbaik Cepat (PHTC) Presiden Prabowo Subianto yang menargetkan pembangunan dan renovasi tiga juta rumah dalam RPJMN 2025–2029.

Di bidang pemasyarakatan, Kemenimipas menekankan lima arahan Presiden, yakni memberantas peredaran narkoba di lapas, membangun ketahanan pangan dengan mengkaryakan warga binaan, mengatasi masalah overcapacity, menyiapkan lapas modern dan lembaga pendidikan yang layak, serta memperhatikan keselamatan pekerja migran.

Selain itu, kementerian ini juga meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan,

Profesionalisme ASN, serta reformasi birokrasi. Nama Poltekim dan Poltekip pun dikembalikan menjadi Akademi Imigrasi (AIM) dan Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AIP) untuk memperkuat identitas lembaga pendidikan tersebut.

Berbagai capaian ini menjadi bukti komitmen Kemenimipas dalam menghadirkan pelayanan publik yang lebih modern, transparan, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.

Dedy

Penulis : dedy

Editor : Rudy

Berita Terkait

Ada Apa? PHMI Pertanyakan Belanja Pengadaan Tahun 2024 Senilai 28,2 Miliar, Disdik Depok Ogah Transparan
Mahasiswa UPER Diversifikasi Olahan Singkong, Dongkrak Ekonomi Desa Barengkok*
Siapkan Talenta untuk Menghadapi Trilema Energi, UPER Lantik ±1.400 Mahasiswa dan Naikkan Beasiswa 30% di 2025
NGOPI KAMTIBMAS BERSAMA KAPOLRES METRO DEPOK DI KELURAHAN TUGU CIMANGGIS
Peringati Hari Pelanggan Nasional BRI Sudirman 1 Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik
Revitalisasi Gedung Kesenian Kabupaten Bogor Terhambat Status Aset
Pemkab Tangerang Di Demo FWJ Indonesia Tuntut Tanggungjawab Bupati
BAKORNAS, Ada Apa Dalam Pengelolaan Anggaran di Kecamatan Muara Gembong, Bekasi
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Kamis, 18 September 2025 - 17:57 WIB

Ada Apa? PHMI Pertanyakan Belanja Pengadaan Tahun 2024 Senilai 28,2 Miliar, Disdik Depok Ogah Transparan

Kamis, 18 September 2025 - 17:47 WIB

Mahasiswa UPER Diversifikasi Olahan Singkong, Dongkrak Ekonomi Desa Barengkok*

Kamis, 18 September 2025 - 17:45 WIB

Siapkan Talenta untuk Menghadapi Trilema Energi, UPER Lantik ±1.400 Mahasiswa dan Naikkan Beasiswa 30% di 2025

Rabu, 17 September 2025 - 10:54 WIB

NGOPI KAMTIBMAS BERSAMA KAPOLRES METRO DEPOK DI KELURAHAN TUGU CIMANGGIS

Selasa, 16 September 2025 - 21:37 WIB

Peringati Hari Pelanggan Nasional BRI Sudirman 1 Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik

Berita Terbaru