Cibinong, BAPERS.ID – BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cibinong menyampaikan perkembangan capaian Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), efektivitas pemanfaatan layanan, serta arah transformasi mutu layanan kesehatan seperti yang disampaikan pada Media Gathering yang digelar Jumat (12/12/2025). Melalui berbagai langkah strategis, BPJS Kesehatan terus memastikan agar pelayanan JKN semakin berkualitas dan dapat diakses merata oleh seluruh masyarakat Kabupaten Bogor.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, M Ichwansyah Gani, menyampaikan bahwa capaian JKN di Kabupaten Bogor per 1 November 2025 berada di 97,96%, dan tentunya memerlukan sinergi yang kuat dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya untuk mencapai target UHC di angka 98% cakupan kepesertaan.
“Saat ini Kabupaten Bogor hanya memerlukan 2.525 jiwa lagi untuk mencapai UHC.” Ujar Ichwan.
Ichwan juga mengatakan bahwa masih terdapat 120.041 jiwa penduduk yang belum terdaftar sebagai peserta JKN, serta 1.101.718 peserta tidak aktif dengan prosentase terbesar dari segmen PBPU.
Secara nasional, pemanfaatan Program JKN menunjukkan peran yang semakin signifikan dalam sistem kesehatan Indonesia. Hingga Desember 2024, total pemanfaatan layanan mencapai 4,088 miliar kunjungan, kemudian pada total biaya layanan yang telah dibayarkan mencapai Rp1.087,35 triliun, rata-rata 1,89 juta peserta per hari memanfaatkan layanan kesehatan melalui JKN.
“Angka-angka ini menunjukkan bahwa Program JKN bukan hanya skema jaminan kesehatan, tetapi telah menjadi kebutuhan mendasar masyarakat. Program ini memastikan bahwa setiap orang memiliki akses ke layanan yang melindungi, membantu, dan menyelamatkan,” ujarnya.
BPJS Kesehatan terus berinovasi melalui perluasan layanan administrasi berbasis digital, termasuk aplikasi Mobile JKN, layanan antean online, dan kemudahan akses informasi. Di fasilitas kesehatan, standar pelayanan juga terus diperkuat agar peserta mendapatkan layanan medis yang responsif, nyaman dan setara.
“Kami ingin peserta juga merasakan pelayanan yang lebih praktis, lebih cepat, dan tanpa pembedaan. Transformasi mutu layanan yang saat ini kami jalankan adalah wujud komitmen untuk memberikan pengalaman terbaik kepada peserta,” tegasnya.
Dalam kegiatan ini, BPJS Kesehatan turut menegaskan kembali penerapan tata nilai organisasi Integritas, Pelayanan Prima, Kolaborasi, dan Inovatif. Serta menyosiaslisasikan Kode Etik, mekanisme pelaporan pelanggaran (Whistleblowing System), dan ketentuan gratifikasi untuk memastikan layanan berjalan transparan dan akuntabel.
Sebagai upaya memperluas cakupan kepesertaan dan memastikan keberlanjutan JKN, BPJS Kesehatan Cabang Cibinong terus memperkuat sinergi bersama Pemerintah Daerah melalui Nota Kesepakatan (NK) untuk segmen PBPU Pemda.
“Kami tidak bisa bekerja sendiri. Kolaborasi dengan pemerintah daerah, fasilitas kesehatan, dan tentunya rekan-rekan media merupakan kunci keberhasilan JKN di Kabupaten Bogor,” tutup Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong.
Red/Heri







