- Pewarta

Jumat, 12 Desember 2025 - 15:10 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Cibinong, BAPERS.ID BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cibinong menyampaikan perkembangan capaian Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), efektivitas pemanfaatan layanan, serta arah transformasi mutu layanan kesehatan seperti yang disampaikan pada Media Gathering yang digelar Jumat (12/12/2025). Melalui berbagai langkah strategis, BPJS Kesehatan terus memastikan agar pelayanan JKN semakin berkualitas dan dapat diakses merata oleh seluruh masyarakat Kabupaten Bogor.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, M Ichwansyah Gani, menyampaikan bahwa capaian JKN di Kabupaten Bogor per 1 November 2025 berada di 97,96%, dan tentunya memerlukan sinergi yang kuat dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya untuk mencapai target UHC di angka 98% cakupan kepesertaan.

“Saat ini Kabupaten Bogor hanya memerlukan 2.525 jiwa lagi untuk mencapai UHC.” Ujar Ichwan.
Ichwan juga mengatakan bahwa masih terdapat 120.041 jiwa penduduk yang belum terdaftar sebagai peserta JKN, serta 1.101.718 peserta tidak aktif dengan prosentase terbesar dari segmen PBPU.

Secara nasional, pemanfaatan Program JKN menunjukkan peran yang semakin signifikan dalam sistem kesehatan Indonesia. Hingga Desember 2024, total pemanfaatan layanan mencapai 4,088 miliar kunjungan, kemudian pada total biaya layanan yang telah dibayarkan mencapai Rp1.087,35 triliun, rata-rata 1,89 juta peserta per hari memanfaatkan layanan kesehatan melalui JKN.

“Angka-angka ini menunjukkan bahwa Program JKN bukan hanya skema jaminan kesehatan, tetapi telah menjadi kebutuhan mendasar masyarakat. Program ini memastikan bahwa setiap orang memiliki akses ke layanan yang melindungi, membantu, dan menyelamatkan,” ujarnya.

BPJS Kesehatan terus berinovasi melalui perluasan layanan administrasi berbasis digital, termasuk aplikasi Mobile JKN, layanan antean online, dan kemudahan akses informasi. Di fasilitas kesehatan, standar pelayanan juga terus diperkuat agar peserta mendapatkan layanan medis yang responsif, nyaman dan setara.
“Kami ingin peserta juga merasakan pelayanan yang lebih praktis, lebih cepat, dan tanpa pembedaan. Transformasi mutu layanan yang saat ini kami jalankan adalah wujud komitmen untuk memberikan pengalaman terbaik kepada peserta,” tegasnya.

Dalam kegiatan ini, BPJS Kesehatan turut menegaskan kembali penerapan tata nilai organisasi Integritas, Pelayanan Prima, Kolaborasi, dan Inovatif. Serta menyosiaslisasikan Kode Etik, mekanisme pelaporan pelanggaran (Whistleblowing System), dan ketentuan gratifikasi untuk memastikan layanan berjalan transparan dan akuntabel.

Sebagai upaya memperluas cakupan kepesertaan dan memastikan keberlanjutan JKN, BPJS Kesehatan Cabang Cibinong terus memperkuat sinergi bersama Pemerintah Daerah melalui Nota Kesepakatan (NK) untuk segmen PBPU Pemda.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri. Kolaborasi dengan pemerintah daerah, fasilitas kesehatan, dan tentunya rekan-rekan media merupakan kunci keberhasilan JKN di Kabupaten Bogor,” tutup Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong.

Red/Heri

Berita Terkait

Bhabinkamtibmas Polsek Cisarua Laksanakan Sambang Dialogis untuk Ciptakan Kamtibmas di Desa Tugu Utara
Pererat Silaturahmi dan Jaga Kondusifitas, Bhabinkamtibmas Polsek Kemang Sambangi Warga Desa Tegal
Audiensi PWRI Bogor Raya Dengan BPN Cibinong Bahas Sinergitas Pelayanan Publik
Bupati Bogor Rudy Susmanto: Proyek Jalur Puncak Dua Mulai Dikerjakan 2026
Terkait Salah Komunikasi, Pemberitaan Yang di duga oknum TNI oleh salah satu media Online Berinisial D Angkat Bicara: Ini Penjelasannya
Rayakan HUT Benteng Pajajaran ke-15, Doel Samson Samber Nyawa Ajak Pererat Silaturahmi Anggota
Kontraktor Laporkan Kades Leuwisadeng atas Dugaan Penipuan Proyek Samisade 2025
Revitalisasi Stadion Mini Persikabo Diduga Tak Sesuai Kontrak, LSM WACANA Layangkan Peringatan Keras: Potensi Pemborosan Anggaran Tak Bisa Dibiarkan
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 12 Desember 2025 - 15:10 WIB

Selasa, 9 Desember 2025 - 16:10 WIB

Bhabinkamtibmas Polsek Cisarua Laksanakan Sambang Dialogis untuk Ciptakan Kamtibmas di Desa Tugu Utara

Senin, 8 Desember 2025 - 14:18 WIB

Pererat Silaturahmi dan Jaga Kondusifitas, Bhabinkamtibmas Polsek Kemang Sambangi Warga Desa Tegal

Jumat, 5 Desember 2025 - 14:27 WIB

Audiensi PWRI Bogor Raya Dengan BPN Cibinong Bahas Sinergitas Pelayanan Publik

Senin, 24 November 2025 - 18:21 WIB

Bupati Bogor Rudy Susmanto: Proyek Jalur Puncak Dua Mulai Dikerjakan 2026

Berita Terbaru

Kabupaten Bogor

Jumat, 12 Des 2025 - 15:10 WIB